Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Pencernaan MAN 2 Aceh Selatan)

Adelina Damayanti, 281324892 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Pencernaan MAN 2 Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Pencernaan MAN 2 Aceh Selatan]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Pencernaan MAN 2 Aceh Selatan)
PDF GABUNG - ADELINA DAMAYANTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan siswa dalam proses pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan jika seseorang memiliki sikap kritis maka dia akan mampu bernalar dengan baik, dan mampu memecahkan permasalahan yang ada. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran guru perlu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, misalnya melalui penerapan model pembelajaran Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi sistem pencernaan. (2) Untuk mengetahui respon kemampuan berpikir kritis siswa terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5E pada sistem pencernaan di kelas XI IPA MAN 2 Aceh Selatan. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Aceh Selatan. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal tes kemampuan berpikir kritis dan lembar respon siswa. Analisis data menggunakan rumus kemampuan berpikir kritis. hasil dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pertemuan pertama pretest dengan rata-rata yaitu 56,90 dan posttest rata-rata 92 sedangkan pada pertemuan kedua rata-rata yaitu 67,27 dan posttest rata-rata yaitu 93,72 dan respon siswa terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5E mendapat respon positif dengan persentase setiap asapek berbeda, persentase yang tinggi yaitu aspek perasaan senang 80% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI IPA MAN 2 Aceh Selatan. Jadi, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan tampa menggunakan model. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diberi perlakuan rata-rata 46 berada pada kategori kurang kritis. Kemudian sesudah diberi perlakuan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E skor rata-rata siswa berada pada kategori sangat kritis terbukti dengan perolehan nilai rata-rata skor 93,72. Skor tersebut berada pada ketegori “ Sangat Kritis”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Eva Nauli Taib, M.Pd. 2. Nafisah Hanim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model pembelajaran Learning Cycle 5E dan respon siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Adelina Damayanti Adelina
Date Deposited: 22 Jul 2019 01:42
Last Modified: 22 Jul 2019 01:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8966

Actions (login required)

View Item
View Item