Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem di Mas Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah

Dewi Mulyana, 281324926 (2018) Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem di Mas Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem di Mas Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem di Mas Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah)
DEWI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan cara yang sama dan berpusat pada guru di setiap materi pelajaran, dapat berpengaruh terhadap menurunnya motivasi belajar siswa. Suasana belajar seperti ini juga dapat berdampak terhadap pemahaman siswa, dimana pencapaian hasil belajar belum optimal. Adapun salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk melihat perbedaan motivasi dan pemahaman siswa adalah dengan pendekatan JAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan pemahaman siswa dengan penerapan pendekatan JAS di MAS Silih Nara. Metode dalam penelitian ini adalah quasi-experimental (eksperimen semu) dengan populasi seluruh siswa kelas X MAS Silih Nara, sedangkan yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen atau disebut juga total sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test dan nontest. Berdasarkan data hasil observasi terdapat perbedaan motivasi pada kelas eksperimen yang tergolong dalam kategori sangat tinggi sedangkan pada kelas kontrol tergolong dalam kategori tinggi. Hasil analisis data menggunakan rumus uji-t di peroleh nilai thitung > ttabel atau 2,53 > 1,70. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan pemahaman yang signifikan antara kelas yang menggunakan penerapan pendekatan JAS dengan kelas yang tidak diterapkan pendekatan JAS, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan pemahaman siswa kelas X1 dengan kelas X2 pada materi ekosistem di MAS Silih Nara kabupaten Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St 2. Nurlia Zahara, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan JAS, Motivasi, Pemahaman, Materi Ekosistem
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dewi Mulyana Dewi
Date Deposited: 22 Jul 2019 01:32
Last Modified: 22 Jul 2019 01:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item
View Item