Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Di Kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh.

Desi Suwirja, 140209075 (2018) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Di Kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi)
DESI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa terlihat pasif dalam proses pembelajaran, dan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan, mereka kesulitan dalam mengeluarkan ide-ide mereka ke dalam sebuah karangan. Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu upaya untuk mengoptimalkan tercapainya tujuan pembelajaran dan mendukung siswa agar lebih aktif dalam mengkonstruksikan pengetahuannya. Salah satunya dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana aktivitas siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Bagaimana aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Bagaimana hasil keterampilan menulis karangan deskripsi siswa setelah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dikelas IV MIN 5 Banda Aceh, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam menulis karangan deskripsi di kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data menggunakan statistik persentase. Hasil penelitian diketahui nilai aktivitas guru siklus I rata-rata 78%, siklus II rata-rata 94%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I rata-rata 78% dan siklus II rata-rata 96%. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I, hanya 15 siswa yang tuntas dengan nilai 42,85% dan tidak tuntas 20 siswa. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan, 28 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 80% dan tidak tuntas 7 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan Contextual Teching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag 2. Yuni Setia Ningsih, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Menulis Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desy Suwirja
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:51
Last Modified: 22 Jul 2019 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item
View Item