Pengaruh Penggunaan Softwate Eagle Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Banda Aceh

Aris Munandar, 140211002 (2019) Pengaruh Penggunaan Softwate Eagle Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Softwate Eagle Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar]
Preview
Other (Pengaruh Penggunaan Softwate Eagle Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar)
ARIS.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di lapangan yang diperoleh peneliti tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas X SMKN 2 Banda Aceh bahwa proses pembelajaran mata pelajaran menggambar teknik sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Namun ketika proses pembelajaran terdapat kendala yaitu ketidaksiapan siswa terhadap materi yang akan dipelajari, karena guru yang bersangkutan masih menggunakan metode ceramah. Akibatnya interaksi antara siswa dengan guru serta antara siswa dengan siswa lainnya sangatlah kurang, hanya beberapa siswa yang aktif. Hal ini dikarenakan komunikasi antara siswa dengan guru yang terjadi hanyalah satu arah, kurangnya perhatian dan motivasi siswa sehingga tidak ada kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensinya.Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, pengaruh penggunaan software eagle sangat diharapkan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana pengaruh penggunaan software eagle, dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran menggambar teknik di SMKN 2 Banda Aceh.2)Bagaimana minat belajar siswa dengan software eagle, pada mata pelajaran menggambar teknik di SMKN 2 Banda Aceh.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes,Objek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan teknik elektronika audio video SMKN 2Banda Aceh yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I, dan siklus II.Pada siklus I persentase hasil pengamatan aktifitas belajar siswa sebesar 57%, pada siklus II meningkat menjadi 13% dengan nilai persentase sebesar 70%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa pada pelajaran menggambar teknik dengan menggunakan penggunaan software eagle selalu meningkat setiap siklusnya.Penerapan penggunaan software eagle dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan persentase respon positif sebesar 96%, sedangkan siswa dengan persentase respon negatif sebesar 4%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan pemahaman peserta didik dalam mengikuti pembelajaran menggambar teknik dengan penggunaan software eagle.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Hadi Kurniawan, M.Si 2. Malahayati, M.T
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Software Eagle, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa, Observasi dan Respon Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Aris Munandar
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:54
Last Modified: 26 Dec 2019 04:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8982

Actions (login required)

View Item
View Item