Peningkatan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs Melalui Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (Sscs)

Ratna Sari, 140205049 (2019) Peningkatan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs Melalui Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (Sscs). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs  Melalui  Penerapan Model Pembelajaran Search,  Solve, Create And Share (Sscs)]
Preview
Text (Peningkatan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs Melalui Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (Sscs))
Skripsi Ratna sari Full PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (42MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang dituntut dalam NCTM dan tujuan pembelajaran matematika dalam Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Namun kenyataannya, kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Salah Satu alternatif yang dapat meningkatkan representasi matematika dengan penerapan Model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS). Tahapan SSCS yaitu menyelidiki masalah (Search), merencanakan (Solve), mengkonstruksikan (Create), terakhir mengrepresentasikan (Share). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematika setelah diterapkan metode pembelajaran SSCS (2) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematika yang diterapkan model pembelajaran SSCS dan kemampuan representasi matematika yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan eksperimen desain pretest-postest equivalent-group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Ingin Jaya. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampelnya adalah kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan representasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. (2) berdasarkan uji-t, dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model SSCS lebih baik daripada kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd 2. Irma Aryani, S.Pd, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share SSCS), Representasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ratna Sari Sari
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:23
Last Modified: 22 Jul 2019 04:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item
View Item