Upaya Guru Al-Qur'an Hadits dalam Peningkatan Kemampuan Baca Al-Qur'an Alumni SD dan MIN (Studi pada Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar)

Iqbal, 140201254 (2018) Upaya Guru Al-Qur'an Hadits dalam Peningkatan Kemampuan Baca Al-Qur'an Alumni SD dan MIN (Studi pada Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
Upaya Guru Al-Qur'an Hadits dalam Peningkatan Kemampuan Baca Al-Qur'an Alumni SD dan MIN (Studi pada Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Al-Qur'an Hadits MTsN merupakan kelanjutan dan kesinambungan dari mata pelajaran Al-Qur'an Hadits atau Pendidikan Agama Islam pada jenjang MIN dan SD. Saat ini, masih banyak peserta didik yang masuk ke jenjang sekolah menengah masih belum lancar membaca Al-Qur’an. Peserta didik di MTsN dituntut mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dikarenakan pembelajaran lebih difokuskan pada pengetahuan agama. Secara teoritik, bisa dikatakan bahwa siswa lulusan MIN mempunyai kemampuan baca Al-Qur’an yang baik bila dibandingkan dengan siswa lulusan SD karena alokasi waktu pelajaran agama lebih banyak. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana Kemampuan baca Al-Qur’an alumni SD dan MIN pada peserta didik kelas VII MTsN 6 Aceh Besar dan Bagaimanakah upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam peningkatan kemampuan baca Al-Qur’an alumni SD dan MIN pada peserta didik kelas VII MTsN 6 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes lisan kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan baca Al-Quran Alumni SD dan MIN pada peserta didik kelas VII MTsN 6 Aceh Besar berbeda dan bervariasi, ada yang kemampuan sangat baik, baik dan cukup. Adapun yang berkemampuan sangat baik terdiri dari 1 siswa alumni SD dan 1 siswa alumni MIN, yang berkemampuan baik ialah 6 siswa, yaitu 4 siswa alumni MIN dan 2 alumni SD, kemudian yang berkemampuan cukup ialah 4 siswa diantaranya 1 alumni MIN dan 3 alumni SD. Untuk itu, upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam peningkatan kemampuan baca Al-Qur’an alumni SD dan MIN ialah sesuai dengan prinsip interaktif yaitu guru memiliki hubungan baik dengan siswa, dan siswa dengan siswa lainnya, Inspiratif yaitu siswa mencoba melakukan sesuatu, guru mengadakan ekstrakurikuler, setiap pagi diwajibkan baca Al-qur’an, Menyenangkan yaitu guru memakai media dan metode yang bervariasi, Menantang dan Memotivasi siswa. Kemampuan baca Al-Qur’an Alumni SD dan MIN peserta didik kelas VII MTsN 6 Aceh Besar ialah berbeda dan bervariasi. Upaya guru Al-Qur’an Hadits ialah sesuai dengan prinsip interaktif, menyenangkan, menantang dan motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Juairiah Umar, M.Ag. Sri Astuti, S.Pd.I., MA.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:22
Last Modified: 22 Jul 2019 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item
TOP