Keefektifan Model Make A Match pada Pembelajaran Tata Nama Senyawa di SMAN 1 Lhoong Aceh Besar

Munizar, 291325020 (2017) Keefektifan Model Make A Match pada Pembelajaran Tata Nama Senyawa di SMAN 1 Lhoong Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran)
SKRIPSI MUNIZAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa pada materi Tata Nama Senyawa adalah siswa mengalami kesulitan dalam menghafal penamaan senyawa-senyawa kimia. Pada pembelajaran Tata Nama Senyawa siswa dituntut untuk memahami konsep materi tersebut, siswa lebih tertarik untuk memahami konsep tersebut apabila pembelajaran dikemas dengan model pembelajaran yang menarik. Model yang tidak sesuai diterapkan guru akan mengakibatkan proses pembelajaran tidak efektif, tidak adanya interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa sehingga siswa cepat merasa bosan dan hasil pembelajaran siswa pada materi Tata Nama Senyawa belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimum). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model Make A Match dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menerapkan model Make A Match pada pembelajaran Tata Nama Senyawa di SMAN 1 Lhoong Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment, menggunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Tata Nama Senyawa lebih tinggi dengan menerapkan model Make A Match daripada tanpa menerapkan model Make A Match di SMAN 1 Lhoong Aceh Besar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yaitu thitung ≥ ttabel yaitu 2,54 ≥ 1,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2. Muammar Yulian, M.Si
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Hasil Belajar Siswa, Tata Nama Senyawa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Munizar Munizar
Date Deposited: 28 Sep 2017 01:56
Last Modified: 17 Mar 2018 15:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item
View Item