Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Suku Kata Di Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh

Syarifah Zahra, 140209018 (2019) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Suku Kata Di Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa  Melalui Metode Suku Kata Di Kelas II MIS Lamgugob  Banda Aceh]
Preview
Text (Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Suku Kata Di Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh)
SKRIPSI FULL SYARIFAH ZAHRA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas II MIS Lamgugob ditemukan bahwa kemampuan membaca siswa masih ada siswa yang kurang mampu membaca kata. Dalam upaya peningkatan kelancaran membaca yang lebih baik peneliti mencoba menerapkan salah satu metode pembelajaran yaitu metode suku kata. Dengan penerapan metode ini akan membantu siswa lebih mudah dalam membaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode suku kata di kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes Membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 76,85% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,66%. Aktivitas siswa juga meningkat dari 71,25% pada siklus I menjadi 83,75% pada siklus II. Sedangkan hasil tes membaca pada siklus I yaitu 58,82% meningkat menjadi 88,23% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode suku kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, S.Ag., M.Ag 2. Hajriah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Metode Suku Kata dan Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarifah Zahra Ipah
Date Deposited: 24 Jul 2019 09:33
Last Modified: 24 Jul 2019 09:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9006

Actions (login required)

View Item
View Item