Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di RA Fathun Qarib Banda Aceh

Sahara, 140210046 (2019) Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di RA Fathun Qarib Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak RA Fathun Qarib dengan menggunakan media Flash Card]
Preview
Text (Membahas tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak RA Fathun Qarib dengan menggunakan media Flash Card)
Sahara.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Membaca permulaan merupakan salah satu bagian dari aspek perkembangan bahasa
anak usia dini yang harus dikembangkan. Belajar sambil bermain merupakan salah
satu prinsip yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kemampuan berbahasa
anak khususnya membaca permulaan. Namun, secara realita permasalahan yang
terjadi di lapangan adalah ditemukan rendahnya kemampuan membaca permulaan
pada anak kelompok B usia 5-6 tahun dikarenakan kurang tersedianya media yang
menarik yang dapat menunjang anak dalam pembelajaran membaca. Tujuan
penelitian ini terdiri dari: (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam proses
pembelajaran dengan penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan
membaca permulaan di RA Fathun Qarib Banda Aceh; (2) untuk mengetahui
peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media flash card
di RA Fathun Qarib Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa
metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu bersifat kolaboratif dengan dua Siklus
penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi
aktivitas guru dan lembar observasi peningkatan kemampuan membaca permulaan.
Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil aktivitas
guru pada Siklus I diperoleh dengan nilai rata-rata 4,3 dengan kriteria Baik, dan
Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan flash card mencapai
61,15% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada Siklus
II aktivitas guru mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 4,95 dengan kriteria
Sangat Baik, dan peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan flash
card mencapai 83,92% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flash Card, Fathun Qarib, PGRA
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sahara Amarsyah
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:08
Last Modified: 23 Jul 2019 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9045

Actions (login required)

View Item
View Item