Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Al-Qur’an pada Materi Koloid di SMAN 12 Banda Aceh

Novia Usman, 291325017 (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Al-Qur’an pada Materi Koloid di SMAN 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul; Pendidikan]
Preview
Text (Pengembangan Modul; Pendidikan)
NOVIA USMAN SKRIPSI.compressed.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMAN 12 Banda Aceh diperoleh informasi bahwa selama ini proses pembelajaran kimia masih menggunakan buku paket yang belum ada kajian ke-Islaman berupa hubungan Al-Quran dengan ilmu sains khususnya ilmu kimia salah satunya pada materi koloid. Materi ini merupakan salah satu materi kimia yang bersifat teoritis sehingga membuat siswa mengalami kebosanan dan sulit untuk memahami materi tersebut, apalagi jika penyajian materinya masih kurang menarik, selain itu materi koloid merupakan materi kimia yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dan juga terdapat hubungan dengan ayat Al-Quran. Kemudian sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di SMA tersebut yaitu kurikulum 2013 di mana pada kurikulum ini memiliki kompetensi Inti (KI) yang terdiri dari empat aspek, salah satunya Kompetensi Inti (KI) pertama yang disebut sebagai sikap spiritual, yaitu menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Sehingga dengan adanya modul koloid berbasis Al-Quran ini memenuhi standar kompetensi inti sesuai kurikulum 2013 yang ingin dicapai di SMAN 12 Banda Aceh yang juga sesuai dengan provinsi Aceh yang terkenal dengan syariat islamnya atau serambi mekkah. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana desain pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis Al-Quran pada materi koloid, (2) mengetahui kelayakan pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis Al-Quran pada materi koloid di SMAN 12 Banda Aceh (3) mengetahui keefektifan pengembangan modul koloid berbasis Al-Quran melalui aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa, dan (4) mengetahui respon siswa pada materi koloid di SMAN 12 Banda Aceh. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, observasi, tes dan angket. Data validasi, observasi aktivitas dan respon siswa dianalisis menggunakan rumus persentase, sedangkan hasil belajar atau tes dianalisis menggunakan rumus n-gain. Hasil penelitian diperoleh: (1) desain pengembangan modul melewati beberapa tahap dari tahap potensi masalah serta informasi hingga tahap revisi produk. (2) nilai hasil persentase validasi modul yaitu 89,93% dengan kriteria sangat valid/layak, (3) persentase aktivitas siswa pada Rpp (rencana program pembelajaran) pertemuan satu dan dua adalah 91% dan 93.68%, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh nilai n-gain dari 29 orang, 20 orang kriteria tinggi, 8 orang sedang dan 1 orang rendah, dan (4) respon siswa terhadap modul koloid berbasis Al-Quran yang merespon sangat setuju 50,42%, setuju 42,23%, dan kurang setuju 6,89%. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis Al-Quran pada materi koloid layak dan efektif digunakan di SMAN 12 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ramli Abdullah, M.Pd 2. Sabarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Koloid
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Novia Usman
Date Deposited: 26 Sep 2017 04:47
Last Modified: 17 Mar 2018 16:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item
View Item