Penggunaan Media Gambar dan Alat Peraga dalam meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di MAS Al Manar Aceh Besar

Indri Yetti, 281223093 (2017) Penggunaan Media Gambar dan Alat Peraga dalam meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di MAS Al Manar Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pendidikan; Metode)
Skripsi gabungan.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penggunaan media yang kurang bervariasi dalam suatu proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media gambar dan alat peraga pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MAS Al Manar Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IPA XI1 dan IPA XI2. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa angket untuk melihat motivasi siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data motivasi yang diperoleh dari penelitian ini dianasis menggunakan rumus index, sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa termotivasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan alat peraga pada materi sistem ekskresi manusia yaitu 78 dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata nilai pre-test yaitu 47,2 dan rata-rata nilai post-test yaitu 73,4. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai diperoleh thitung = 16 dan t tabel = 1,74 dengan derajat bebas (db) yaitu17 pada taraf signifikan 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung16 ≥ ttabel1,74) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dan alat peraga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada meteri sistem ekskresi manusia di kelas IX 1 MAS Al Manar Aceh Besar.

Kata Kunci: Media gambar, alat peraga, motivasi, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbim 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St 2. Nafisah Hanim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media gambar, alat peraga, motivasi, dan hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Indri Yetti Anwar
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:02
Last Modified: 17 Mar 2018 15:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item
TOP