Dara Mawaddah Zain Sufi, 140102017 (2019) Sistem Garansi Pada Produk Amway Dalam Pembelian Barang Produk (Analisa Dilihat dari Segi Penerapan Khiyar Syarat dalam Transaksi Jual Beli). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, salah satu cara yang dilakukan produsen ialah layanan purnajual yang biasanya disebut dengan istilah garansi. Layanan ini dipraktikkan oleh Perusahaan Amway yang merupakan salah satu perusahaan yang pemasarannya bergerak dibidang Multi Level Marketing (MLM). Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban dari dua pokok permasalahan, yaitu Bagaimana pelaksanaan sistem garansi terhadap Manajemen Amway pada konsumen perusahaan Amway dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap garansi pada produk Amway menurut khiyar syarat. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis. Metode pengumpulan data yang di gunakan penulis dalam penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan) dan field research (penelitian lapangan) untuk memperoleh keterangan, informasi atau bukti-bukti yang diperlukan dalam penelitian. Berdasarkan metode dan jenisnya ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan. Dari hasil penelitian dan kajian yang penulis lakukan, Produk Amway dalam pelaksanaan konsep garansi memberikan garansi selama 3 bulan dihitung mulai dari tanggal pembelian produk tersebut. Dengan ketentuan bahwa penggantian produk akan ditukar dengan vocher senilai harga beli, konsumen harus memiliki bukti pembelian atau tanda terima pelanggan yang asli, mengenai pemakaian produk tidak lebih 1/3 dari isi produknya, dan produk ini dapat ditukar sebelum sampai 3 bulan pemakaian. Konsep khiyar syarat dalam pelaksanaan garansi yang diberikan oleh produk Amway belum sepenuhnya memberikan hak khiyarnya (khiyar syarat) kepada konsumen untuk mendapatkan ganti rugi terhadap produk-produk yang memiliki kerusakan atau tidak cocoknya barang tersebut. Dalam kaitan tersebut penulis menyarankan agar Amway lebih meningkatkan keamanan produk dan memberikan kebebasan terhadap khiyar syarat. Hal ini disebabkan hasil penelitian menunjukkan masih dalam kategori kurang, kepada produsen dan konsumen dapat meningkatkan pemahamannya terhadap segala aspek yang terkait dengan fiqh muamalah khususnya jual beli dan khiyar syarat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Nasaiy Aziz, MA Pembimbing II : Syarifah Rahmatillah, S.HI., MH |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Garansi, Produk Amway, dan Khiyar Syarat |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dara Mawaddah Zain Sufi Dara |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 03:32 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 03:32 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9177 |