Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Dengan Media Buku Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas II MIN 26 Aceh Besar

Rita Azhari, 140209121 (2019) Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Dengan Media Buku Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas II MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Dengan Media Buku Bergambar]
Preview
Text (Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Dengan Media Buku Bergambar)
RITA AZHARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembalajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar khususnya di kelas II menekankan siswa pada kemampuan membaca dan menulis permulaan. Pada dasarnya siswa di kelas II SD/MI sudah mampu membaca dan menulis, tetapi pada kenyataannya masih banyak siswa yang belum mampu untuk membaca dan menulis. Maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik dengan media Buku Bergambar dalam pembelajaran membaca dan menulis siswa kelas II MIN 26 Aceh Besar. Kemampuan membaca dan menulis merupakan salah satu kemampuan awal yang penting harus dimiliki oleh siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat menyelesaikan permasalahan membaca dan menulis adalah menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dengan menggunakan media buku bergambar agar memudahkan siswa dalam membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dan media buku bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalahg quasi-eksperiment dengan desain pretes-postes equivalent disgngrup. Sampel penelitian terdiridari 14 siswa eksperimen dan 14 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambilsecara random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes membaca dan menulis. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan dalam pengujian hipotesis dihitung penilaian membaca thitung = 4,09 > ttabel = 1,706. Hasil ini berakibat thitung > ttabel yaitu = 4,09 > 1,706 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho tolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan kemampuan membaca siswa melalui penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dengan Media Buku Bergambar. Kemudian pengujuan hipotesis dihitung penilaianmenulis thitung = 3,19 > ttabel = 1,706. Hasil ini berakiba tthitung > ttabel yaitu = 3,19 > 1,706 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tolak Ho. Artinya peningkatan kemampuan menulis siswa melalui penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dengan Media Buku Bergambar meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, M.Pd 2. Yuni Setia Ningsih, M.ag
Uncontrolled Keywords: Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS), media buku bergambar, membaca dan menulis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rita Azhari
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:38
Last Modified: 29 Jul 2019 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9204

Actions (login required)

View Item
View Item