Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Ulumul Quran Kota Banda Aceh

Husna Fatwana, 140205079 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Ulumul Quran Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of HUSNA FATWANA.pdf]
Preview
Text
HUSNA FATWANA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Pemahaman konsep merupakan hal yang harus dikembangkan dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Namun berdasarkan UN tahun 2017 nilai rata-rata mata pelajaran matematika hanya mencapai 57,35 dikarenakan siswa masil lemah dalam menyelesaikan soal, lemahnya kemampuan siswa dalam mengerjakan soal bisa disebabkan oleh kurangnya memahami konsep suatu materi. Salah satu model yang diduga mampu membuat siswa memahami konsep suatu materi secara lebih baik adalah model pembelajaran metaphorming, Model pembelajaran metaphorming memiliki empat tahapan meliputi: connection, discovery, invention dan application. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran metaphorming di MTs Ulumul Quran Kota Banda Aceh. Rancangan penelitian bersifat Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah jenis Control Group Post Test Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Ulumul Quran Kota Banda Aceh. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas IXa sebagai kelas eksperimen dan kelas IXb sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan thitung =3,81 dan ttabel =1,66 atau thitung > t(tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran metaphorming lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. M. Yacoeb, M.Pd. 2. Budi Azhari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Metaphorming, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Husna Fatwana Husna
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:19
Last Modified: 02 Sep 2019 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9236

Actions (login required)

View Item
View Item