Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMP

Syarfina Rachmah, 140205088 (2019) Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
SYARFINA RACHMAH OK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah siswa belum terbiasa mengerjakan soal yang berbentuk non-rutin. Siswa cenderung diberikan soal yang berbentuk rutin disekolah. Berdasarkan hasil PISA pada tahun 2016, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat menyelesaikan permasalahan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diterapkan model pembelajaran discovery learning dengan yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan desain control group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Sampel terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t independen, didapat thitung > ttabel yaitu 11,51 > 1,67 sehingga dapat diputuskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diterapkan model discovery learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Adapun dari hasil uji N-gain didapat rata-rata 0,53, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa termasuk dalam kategori sedang. Dengan persentase untuk setiap kategori masing-masing memperoleh 26% tinggi, 70% sedang dan 7% untuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Drs. Lukman, M.Pd. 2. Khusnul Safrina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, model discovery learning,
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Syarfina Rachmah Fina
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:02
Last Modified: 02 Sep 2019 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9242

Actions (login required)

View Item View Item
TOP