Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh Pada Mata Pelajaran IPS

Noli Yana, 201325130 (2019) Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar)
NOLI YANA OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPS diMIS Lamgugob Banda Aceh masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini tampak pada gejala siswa masih ada yang sulit mengerjakan tugas yang diberikan dan nilai rata-rata ujian seluruh siswa masih tergolong rendah yaitu sebanyak 6,5. Setelah mewawancarai siswa, banyak siswa yang mengatakan bahwa IPS merupakan pelajaran yang membosankan dan kurang menantang karena kebanyakan materinya hanya berupa hafalan dan belajar hanya dengan mendengarkan ceramah guru sehingga siswa menjadi kurang aktif.Maka diperlukan Strategi pembelajaran yang tepat untuk menarik minat belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS MIS Lamgugob Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest Postest Design, dan sampel pada penelitian ini adalah siswa/i kelas VB MIS Lamgugob Banda Aceh sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 10 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistic setelah digunakan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,04> 1,68 maka Ha diterima, artinya hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan strategi Konvensional. Berdasarkan hasil yang didapat setelah melakukan penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VB MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Saifullah, M.Ag 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Strategi embelajaran Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Noli Yana
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:24
Last Modified: 04 Sep 2019 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9253

Actions (login required)

View Item
View Item