Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Di Kelas II MIN 4 Kota Banda Aceh.

Murni Jafna, 140209153 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Di Kelas II MIN 4 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Di Kelas II MIN 4 Kota Banda Aceh.]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Di Kelas II MIN 4 Kota Banda Aceh.)
MURNI JAFNA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu aspek keterampilan dalam kebahasaan adalah tentang bagaimana kemampuan siswa pada sekolah dasar dalam menyusun kalimat yang baik dan benar. Melalui penyusunan kalimat yang baik, siswa dapat berbuat banyak dalam mengungkapkan perasaan atau mengkomunikasikan pesan kepada orang lain. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah pada umumnya guru menggunakan model yang tidak sesuai dengan materi yang berlangsung pada hari itu. Oleh karena itu diharapkan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat siswa kelas II MIN 4 Kota Banda Aceh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Indonesia, serta kemampuan menyusun kalimat siswa di kelas II MIN 4 Kota Banda Aceh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Indonesia, serta kemampuan menyusun kalimat siswa dengan penerapan model pembelajaran scramble di kelas II MIN 4 Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IIA MIN 4 Kota Banda Aceh yang berjumlah 40 orang dengan KKM 70. Instrument pengumpulan data dengan menggunakan: Lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan soal evaluasi. Kemudian dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Aktivitas guru selama proses pembelajaran, yaitu pada siklus I masih berada kategori baik 80% dan pada siklus II sudah mencapai kategori sangat baik yaitu 90%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran, yaitu masih berada kategori baik yaitu 81% dan pada siklus II sudah mencapai kategori sangat baik yaitu 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran scramble dapat meningkat kemampuan menyusun kalimat siswa di kelas II MIN 4 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra.Tasnim Idris, M.Ag 2. Siti Khasinah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble dan Kemampuan Menyusun Kalimat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murni Jafna Murni
Date Deposited: 31 Jul 2019 01:20
Last Modified: 31 Jul 2019 01:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9256

Actions (login required)

View Item
View Item