Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Manggeng (Abdya)

Ayu Shalihan, 140206078 (2019) Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Manggeng (Abdya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Manggeng (Abdya))
oke.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merupakan suatu proses untuk menciptakan dan mempertahankan suasana kelas agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efesien. manajemen kelas yang baik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, namun permasalahan yang terjadi adalah Hal ini terlihat dari pengaturan ruangan dan kondisi kelas belajar yang belum begitu baik. Peletakan media pendidikan yang kurang strategis, sehingga tidak semua siswa bisa melihatnya dengan mudah. Selain itu permasalahan manajemen kelas juga tampak dari adanya beberapa bentuk interaksi di kelas yang kurang begitu baik, Diantaranya kurang akrabnya guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Terkait dengan kegiatan pembelajaran, masih ditemukan perilaku siswa yang kurang kooperatif terhadap pembelajaran. Bahkan beberapa siswa kadang menjadi pelopor kekacauan di kelas. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah manajemen kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Manggeng, adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Manggeng yang berjumlah 161 siswa, sampel yang digunakan yaitu seluruh sampel yang ada dalam populasi dengan menggunakan rumus Yamane Isaac Dan Michael. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, data disajikan berdasarkan data dan diinterprestasikan sesuai dengan kriteria indikator yang diukur, 1) tingginya Manajemen Kelas Di SMP Negeri 1 Manggeng masuk dalam kategori tinggi (2,61-4) skor tingginya sebesar 3.18. 2) tingginya Motivasi Belajar Di SMP Negeri 1 Manggeng masuk dalam kategori tinggi (2,61-4) skornya tingginya sebesar 3.13, artinya manajemen kelas termasuk dalam kategori tinggi. hal ini terlihar dari uji SPSS terhadap variabel manajemen kelas yang menghasilkan nilai korelasi (r) sebesar 0,667 artinya sangat memberikan kotribusi terhadap motivasi belajar. Setelah dilakukan tinjauan terhadap hipotesis koefesiensi korelasi yang di temukan 0,667 terdapat hubungan signifikansi antara manajemen kelas terhadap motivasi belajar. Maka dapat disimpulkan (Ha) korelasi variabel X dan Y adalah signifikan, dengan demikian diterima alternative (Ha) yang menunjukkan adanya korelasi antara pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Manggeng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Jamaliah Hasballah, MA Pembimbing II : Dra. Cut Nya’ Dhin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Motivasi Belajar
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ayu Shalihan Ayu
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:50
Last Modified: 31 Jul 2019 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9265

Actions (login required)

View Item View Item
TOP