Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 1 Simpang Kanan

Nur Azmiati, 140208084 (2019) Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 1 Simpang Kanan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 1 Simpang Kanan]
Preview
Text (Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 1 Simpang Kanan)
Nur Azmiati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada materi minyak bumi, sedangkan KKM yang telah ditetapkan yaitu 80. Salah satu alternatif menyelesaikan permasalahan tersebut adalah menerapkan model project based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menerapkan model project based learning dan tanpa menerapkan model project based learning pada materi minyak bumi di SMA Negeri 1 Simpang Kanan, dan untuk mengetahui respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian test berbentuk multiple choice dan angket. Hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikan 0.034 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis uji N-Gain diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0.741 yang berkategori tinggi pada kelas eksperimen dan 0.657 yang berkategori sedang pada kelas kontrol. Respon peserta didik terhadap model project based learning menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang sangat setuju pembelajaran kimia menggunakan model project based learning dengan persentase 54.375%. Jadi disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar kimia pada materi minyak bumi di SMA Negeri 1 Simpang Kanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2. Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Minyak Bumi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Azmiati Nur
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:37
Last Modified: 31 Jul 2019 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9291

Actions (login required)

View Item
View Item