Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 1 Pidie

Intan Sari, 140208088 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 1 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Problem  Posing Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 1 Pidie]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 1 Pidie)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM pada materi laju reaksi, sedangkan KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran pada materi yang dibelajarkan kepada siswa. Model pembelajaran problem posing dan problem solving adalah salah satu alternatif menyelesaian masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang dibelajarkan model pembelajaran problem posing dan problem solving pada materi laju reaksi di MAN 1 Pidie dan untuk mengetahui respon siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dan problem solving pada materi laju reaksi dikelas XI MAN 1 Pidie. Rancangan penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 1 dengan penerapan model problem posing dan kelompok eksperimen dengan penerapan model problem solving. Dari hasil penelitian bahwa perolehan persentase rata-rata nilai n-gain pada kelas yang diterapkan model problem posing 71% kategori tinggi, sedangkan kelas yang diterapkan model problem solving 60% kategori sedang, dan hasil uji independent sample t-test diperoleh signifikan 0,001 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diterapkan model problem posing lebih tinggi dibandingkan dengan model problem solving. Hasil respon siswa lebih setuju terhadap penerapan model pembelajaran problem posing dibandingkan dengan model problem solving pada materi laju reaksi di MAN 1 Pidie, dilihat dari presentase setuju dan sangat setuju pada model problem posing adalah 85% yang menunujukkan siswa sangat tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar Amsal, M.Pd Pembimbing II : Riza Zulyani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Posing, Model Problem Solving, Hasil Belajar, Laju Reaksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Intan Sari Sari
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:51
Last Modified: 01 Aug 2019 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9300

Actions (login required)

View Item
View Item