Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP

Nurmala, 140205071 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP)
FULL NURMALA SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika sangat penting dalam matematika, karena proses pemecahan masalah melatih siswa untuk mengambil keputusan yang membutuhkan kemampuan berpikir logis, rasional, kreatif, dan kritis. Pada kehidupan nyata ketika siswa dihadapakan pada masalah dengan kemampuan pemecahan masalah yang dimilikinya, siswa tersebut dapat mengambil keputusan yang tepat. Namun berdasarkan hasil observasi pada siswa SMP N 1 Mutiara di kelas VIII menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam mata pelajaran matematika masih tergolong rendah, dari dua soal yang diberikan siswa tidak mempunyai gambaran tentang penyelesaian pertanyaan SPLDV dan tidak berkeinginan untuk menjawab soal tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model atau strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yaitu melalui model pembelajaran LAPS-Heuristic. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran LAPS-Heuristic lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran konvesional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Mutiara dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas 〖VIII〗_1 dan 〖VIII〗_2, teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 20 berupa uji-t dan pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan t_hitung= 2,12 dan t_tabel=1,68. Hasil ini berakibat t_hitung>t_tabel yaitu 2,12>1,68 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H_(0 )ditolak dan H_(1 )diterima ini berarti bahwa model pembelajaran LAPS-Heuristic dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematika dalam kategori baik/baik sekali lebih tinggi 22% dibandingkan dengan persentase terhadap keseluruhan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu kelas eksperimen 74% dan kelas kontrol 52%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M. Pd Pembimbing II : Kamarullah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving(LAPS)-Heuristic, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurmala Mala
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:37
Last Modified: 01 Aug 2019 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9345

Actions (login required)

View Item
View Item