Pengaruh Profesi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus: SMAN 1 Krueng Barona Jaya, Kecamatan Barona Jaya, Aceh Besar)

Mutia Sari, 140201034 (2019) Pengaruh Profesi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus: SMAN 1 Krueng Barona Jaya, Kecamatan Barona Jaya, Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Profesi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus: SMAN 1 Krueng Barona Jaya, Kecamatan Barona Jaya, Aceh Besar))
SKRIPSI FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Orangtua sangat mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar siswa disekolah, orangtua yang mempunyai Sumber Daya Manusia tinggi biasanya sangat memperhatikan pola belajar anak untuk menunjang keberhasilan prestasinya disekolah, sama halnya dengan orang tua yang mempunyai Sumber Daya Manusia rendah biasanya juga mengharapkan prestasi belajar anaknya baik. Idealnya orang tua mengharapkan anaknya mendapatkan prestasi yang baik. Namun pada keyataannya ada orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya seperti PNS dan Non PNS sehingga tidak banyak waktu untuk anaknya. Biasanya orangtua seperti ini yang hanya melimpahkan dan mempercayakan anaknya disekolah tanpa motivasi dukungan dan bimbingan dirumah. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka masalah dalam penelitian ini dirumuskan untuk mengetahui “bagaimanakah dampak profesi PNS dan Non PNS terhadap prestasi siswa dikelas XII SMAN 1 Krueng Barona Jaya ?”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan metode yang bersifat kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, observasi dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Sebagaimana diketahui hasil dari angket 4.5 Apakah orangtua anda selalu mengontrol anda belajar. Siswa yang orangtuanya Non PNS hanya 8 orang yang menjawab selalu sedangkan PNS hanya 1 orang yang menjawab selalu. Dari hasil ini dapat disimpulkan orangtua yang PNS kurang mengontrol anaknya dalam hal belajar. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil angket 4.13 hanya 8 orang siswa yang dari orangtuanya Non PNS dan 1 orang yang PNS yang menjawab prestasi belajar saya sangat meningkat dan 4 orang siswa yang orangtuanya PNS yang menjawab prestasi belajar saya biasa-biasa saja. Dengan hasil jawaban siswa di atas dapat di simpulkan bahwa profesi orangtua sangat mempengaruhi Prestasi belajar siswa. Dari hasil rapor juga dapat dilihat bahwa yang memiliki nilai tertinggi adalah Non PNS. Jadi antara hasil jawaban angket dengan hasil nilai leger ini sama-sama menujukkan bahwa anak yang orangtua berprofesi Non PNS yang lebih unggul prestasi belajarnya, daripada siswa yang orangtua berprofesi PNS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mutia Sari Tia
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:54
Last Modified: 05 Aug 2019 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9356

Actions (login required)

View Item View Item
TOP