Komunikasi Pemasaran Usaha Rumah Makan Nasi Uduk Kelapa Dua Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Di Kota Banda Aceh

Nurul Afrianti, 140401154 (2019) Komunikasi Pemasaran Usaha Rumah Makan Nasi Uduk Kelapa Dua Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Komunikasi Pemasaran Usaha Rumah Makan Nasi Uduk Kelapa Dua Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Komunikasi Pemasaran Usaha Rumah Makan Nasi Uduk Kelapa Dua Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Di Kota Banda Aceh)
SKRIPSI NURUL AFRIANTI baru.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitianiniberjudul: “Komunikasi Pemasaran Usaha Rumah Makan Nasi Uduk Kelapa Dua Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Di Kota Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untukmengetahuijenisdan model komunikasipemasaran yang dilakukanolehpemilikusaharumahmakanNasiUdukKelapaDua, untuk mengetahuipesan-pesankomunikasipemasaranyang disampaikanolehpemilikusaharumahmakanNasiUdukKelapaDua. Dan untuk mengetahui kekuatandanhambatankomunikasipemasaran yang dihadapiolehusaharumahmakanNasiUdukKelapaDua.Penelitianiniadalahpenelitianlapangandenganmenggunakanmetode kualitatif.Pengumpulan data dilakukandenganobservasi, wawancaradandokumentasipadaNasi Uduk Kelapa Dua di Kota Banda Aceh.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis dan model komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pemilik usaha rumah makan Nasi Uduk Kelapa Dua dalam meningkatkan minat pelanggan di Kota Banda Aceh dilakukan dengan beberapa jenis seperti Komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, dan komunikasi massa serta komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Sedangkan model komunikasi yang dilakukan adalah sebagaimana model komunikasi Aristoteles yakni yang menempatkan unsur media dalam proses komunikasi serta komunikasi yang di lahirkan oleh Lasswell yakni komunikasi yang selalu mempunyai efek dan pengaruh. Adapun pesan-pesandaninformasi yang disampaikanolehpemilikusaharumahmakanNasiUdukKelapaDuadalammeningkatkanminatpelanggan di Kota Banda Acehdilakukandenganberbagaimacam promo yang menarikdanunik, diantaranyadiscount bawaistridananak, discount sesuaijumlahgerombolan/kelompok, misalkan 6 orang (batas minimal) makan + minum (selainminuman gratis) discount 6%, 8 orang discount 8%, 10 orang discount 10% danlebihdari 10 orang tetap discount 10% (khususmakanditempat).Sedangkan peluang dan hambatan komunikasi pemasaran yang dihadapi oleh pemilik usaha rumah makan Nasi Uduk Kelapa Dua dalam meningkatkan minat pelanggan di Kota Banda Aceh diantaranya peluangnya adalah ketelitian dan konsistennya karyawan dalam mematuhi peraturan yang di buat oleh pemilik Nasi Uduk Kelapa Dua, pemanfaatan media sosial, manajemen karyawan yang dibangun sangat baik dan lokasi pemasaran yang strategis.Sedangakan kendalanya adalah harga barang pokok yang terus naik, gangguan di media sosial dan kondisi saat hujan yang juga mempengaruhi pemasaran Nasi Uduk Kelapa Dua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Zainuddin T, M.Si 2. Asmaunizar, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Minat Pelanggan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurul Afrianti Nurul
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:03
Last Modified: 05 Aug 2019 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9388

Actions (login required)

View Item
View Item