Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Ketuntasan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Pelajaran IPA Kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Ernida Hayati, 201325162 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Ketuntasan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Pelajaran IPA Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Ketuntasan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Pelajaran IPA Kelas IV MIN 3 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Ketuntasan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Pelajaran IPA Kelas IV MIN 3 Aceh Besar)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara awal yang dilakukan peneliti dengan guru MIN 3 Aceh Besar pada tanggal 20 Desember 2016, bahwa di sekolah tersebut belum pernah diterapkan model TGT dalam proses pembelajaran. Pada sebelumnya proses belajar mengajar hanya terfokus pada dikte dan ceramah. Sehingga siswa cenderung bosan untuk belajar, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru ketika kegiatan pembelajaran IPA berlangsung, serta kurangnya pemahaman siswa pada materi yang sedang diajarkan yang menyebabkan banyaknya siswa tidak tuntas dalam pelajaran yaitu dengan nilai 65 dibawah nilai KKM ≥ 70. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimanakah penerapan tipe TGT terhadap minat belajar siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan dalam pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. (2) untuk mengetahui bagaimanakah penerapan tipe TGT terhadap ketuntasan belajar siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan dalam pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian True eksperimen desain. Dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan angket. Sedangkan teknik analisi data menggunakan tingkat ketuntasan individu dan klasikal. Setiap siswa dikatakan tuntas (ketuntasan individu) jika proporsi jawaban ≥ 70% dan suatu kelas dikatakan tuntas (ketuntasan klasikal) jika dalam suatu kelas terdapat ≥ 80% siswa tuntas belajarnya dan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ketuntasan belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe TGT kelas eksperimen sudah sangat tinggi. Hal terlihat dari hasil tes kelas eksperimen yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 23 orang siswa yang tuntas atau sebesar 88,46%. Sedangkan pada kelas kontrol terdapat 14 orang siswa yang tuntas atau dengan persentase ketuntasan yang diperoleh 53,48%. (2) Minat belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe teams games tournaments terhadap minat belajar siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan pelajaran IPA kelas IV MIN 3 Aceh Besar sudah baik. hal ini terlihat dari hasil responden siswa, dimana diperoleh skor rata-rata secara keseluruhan untuk penerapan model kooperatif tipe teams games tournaments terhadap minat belajar siswa yaitu sebesar 3,31 dengan kategori sangat setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Azhar, M.Pd Pembimbing II : Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe TGT, Ketuntasan Belajar dan Minat Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ernida Hayati Erni
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:53
Last Modified: 06 Aug 2019 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9394

Actions (login required)

View Item
View Item