Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Vera Mardiana, 201325149 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang penulis temukan di MIN 3 Aceh Besar. permasalahan tersebut diperoleh dari hasil observasi dan pengamatan penulis dilapangan dimana proses belajar mengajar yang selama ini berlangsung dikelas umumnya adalah metode ceramah dengan cara komunikasi satu arah dimana guru lebih aktif menyampaikan materi pelajarannya,hasilnya adalah pembelajaran yang dilakukan kurang maksimal sehingga nilai siswa belum mencapai KKM. Hasil belajar yang optimal dapat diperoleh salah satunya dengan penggunaan model yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Penulis akan menerapkan model Kooperatif Tipe Jigsaw bertujuan agar penulis mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV MIN 3 Aceh Besar? Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah instrument pengumpulan data lembar tes dalam bentuk multiple choice berupa pretest dan posttest, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Hasil belajar siswa diketahui bahwa skor rata-rata pretest 54,4 dikatakan kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata posttest 75,56 dan dikategorikan baik. Dan diketahui dari diagram persentase nilai ketuntasan siswa pada pretest mencapai nilai ketuntasan 13,3% atau hanya 4 siswa dan siswa yang tidak tuntas mencapai 26 siswa atau 86,7%, sedangkan pada posttest siswa mencapai nilai ketuntasan hanya 70% atau 21 siswa dan 9 siswa atau 30% siswa yang tidak tuntas . Dengan demikian hasil posttest telah mencapai peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan hasil dari pretest yang belum mencapai ketuntasan belajar. Maka model kooperatif tipe jigsaw dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada derajat kebebasan dk= (n1– 1) = 29, jadi ttabel dengan dk = 29 dan taraf signifikan α = 0,05 untuk uji satu pihak diperoleh = 1,69 dan thitung = 7,76 jadi t hitung ≥ ttabel yaitu: 7,76 ≥ 1,69,dengan demikian H0 di tolak dan H1diterima. Sehingga diterima kebenaran bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Jigsaw dengan menngunakan Tema 6 Indahnya Negeriku di kelas IV MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr, Azhar, M.pd Pembimbing II : Nida Jarmita, S.pd.I., M.pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vera Mardiana Vera
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:54
Last Modified: 06 Aug 2019 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9395

Actions (login required)

View Item
View Item