Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 1 Teupah Barat Kabupaten Simeulue

Rahmiati, 140213001 (2018) Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 1 Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 1 Teupah Barat Kabupaten Simeulue]
Preview
Text (Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 1 Teupah Barat Kabupaten Simeulue)
full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah SMPN 1 Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Peran konselor dalam Bimbingan dan Konseling di sekolah dipandang sebagai guru khusus untuk siswa yang bermasalah masih tetap melekat disebagian besar siswa. Siswa berpersepsi bahwa setiap siswa yang dipanggil ke dalam ruang Bimbingan dan Konseling merupakan siswa yang bermasalah. Padahal malah sebaliknya, yakni untuk meningkatkan intelek dan moral siswa dalam rangka mengembangkan dan membersihkan jiwa, serta mengikuti jalan kebaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling, metode yang digunakan konselor serta upaya yang dilakukan konselor dalam memberikan pemahaman tentang layanan Bimbingan dan Konseling pada siswa SMPN 1 Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitiannya adalah siswa SMPN 1 Teupah Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling masih negatif hal ini dikarenakan siswa masih beranggapan bahwa guru Bimbingan dan Konseling itu hanyalah seorang guru yang mencari-cari kesalahan siswa sehingga tingkat kepercayaan siswa terhadap guru Bimbingan dan Konseling sangat rendah. Terdapat dua metode dalam proses layanan dan bimbingan kepada siswa yaitu metode klasikal dan bimbingan individual. Sedangkan upaya yang dilakukan konselor dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling pada siswa yaitu melalui pemberian pemahaman mengenai fungsi dan tujuan Bimbingan dan Konseling, dan membangun emosional dengan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs, Munirwan Umar, M.Pd. Pembimbing II : Tabrani ZA, S.Pd.I.,M.S.I.,MA.
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa – Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling – Pendidikan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Rahmiati Rahmi
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:50
Last Modified: 05 Aug 2019 07:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9397

Actions (login required)

View Item
View Item