Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar PAI pada Siswa SMAN 1 Lhoknga

linafitriany, 211323780 (2017) Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar PAI pada Siswa SMAN 1 Lhoknga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Motivasi Belajar]
Preview
Text (Membahas Tentang Motivasi Belajar)
SKRIPSI LINA FITRIANY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar sangat berperan penting dalam proses pembelajaran dan keberhasilan proses belajar itu sendiri, adanya motivasi belajar yang tinggi pada seorang siswa dapat dilihat dari ketekunannya serta tidak mudah putus asa untuk mencapai kesuksesan yang diharapkan meskipun dihadang berbagai kesulitan, motivasi tinggi juga dapat mengarahkan dan menggiatkan siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar, dan akan sangat mungkin muncul pada siswa ketika adanya keterlibatan siswa yang tinggi dalam proses pembelajaran, keaktifan siswa dalam belajar, dan adanya upaya dari guru untuk memelihara agar siswa senantiasa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Namun faktanya di SMAN 1 Lhoknga khusus kelas X.IS motivasi belajar PAI khususnya pada komponen Al-Quran Hadis tergolong rendah ditandai dengan siswa yang tidak aktif, kurang bisa mengaji, sibuk dengan kegiatan sendiri, tidak bisa mengidentifikasi hukum bacaan dan kurangnya semangat dalam menghafal. Pertanyaan dalam penelitian adalah apakah yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa pada komponen Al-Quran Hadis sebagai bagian dari mata pelajaran PAI? bagaimana upaya guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada komponen Al-Quran Hadis sebagai bagian dari mata pelajaran PAI? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi kemudian data tersebut dianalisis melalui pembuatan transkrip wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab rendahnya motivasi belajar PAI pada siswa dikarenakan: 1) faktor kesiapan belajar siswa seperti kurang bisa menerapkan hukum bacaan tajwid dengan benar, serta kurangnya minat dalam menghafal. 2) faktor dari guru seperti metode mengajar guru kurang bervariasi dan cara berbicara guru dalam menjelaskan terlalu cepat. Upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di antaranya 1) guru memberikan motivasi kepada siswa. 2) guru memberikan perhatian kepada siswa. 3) guru memberikan nilai tambahan (reward) bagi siswa yang ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. H. M. Hasbi Amiruddin, MA 2. Dr. Huwaida, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Rendahnya Motivasi Belajar, PAI
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Lina Fitriany
Date Deposited: 28 Sep 2017 01:55
Last Modified: 28 Sep 2017 01:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item
View Item