Pengaruh Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gaya dan Gerak Di SMP Negeri 3 Bakongan

Aja Saleha, 140204167 (2019) Pengaruh Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gaya dan Gerak Di SMP Negeri 3 Bakongan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Dan Gerak Di SMP Negeri 3 Bakongan]
Preview
Text (Pengaruh Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Dan Gerak Di SMP Negeri 3 Bakongan)
Aja Saleha.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang di lakukan di SMP Negeri 3 Bakongan dengan judul “Pengaruh PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Dan Gerak Di SMP Negeri 3 Bakongan”. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh PhET Simulation terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Gaya dan gerak (2) Untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap pengaruh PhET Simulation pada materi gaya dan gerak. Desain penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini Quasi Eksperimental Design dengan jenis Non eqivalent Control Group Pretes-Postest Design yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 bakongan. Populasi pada penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VIII2 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 20 orang peserta didik, dan VIII3 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 20 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan (1) tes objektif dalam bentuk pilihan ganda (2) angket dianalisis menggunakan analisis deskiptif (persentase). (1) Analisis data menggunakan Uji-t dua pihak. hasil skor rata-rata post-test kelas Eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor post-test kelas kontrol dengan thitung > ttabel yaitu 10,82 > 2,042 dengan Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dengan menggunakan PhET Simulation terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Bakongan. (2). Hasil respon peserta didik menunjukkan indikator (1) STS= 11,66%, TS= 10%, S= 41,66% %, SS= 36,66%, indikator (2) STS= 10%, TS= 16,66%, S= 35%, SS= 71,66%, indikator (3) STS= 16,66%, TS= 8,33%, S= 41,66%, SS=53,33%, indikator (4) STS= 8%, TS= 3,33%, S= 63,33% , SS= 30%, indikator (5) STS= 0%, TS= 0%, S= 48,33%, SS=51,66%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa respon peserta didik terhadap pembelajaran gaya dan gerak dengan menggunakan PhET Simulation tertarik bagi peserta didik dan memberi semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muhammad Isa, S.Si,M.Si 2. Mukhlis,ST,M.Pd
Uncontrolled Keywords: PhET Simulation, Gaya dan Gerak, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ms Aja Saleha
Date Deposited: 27 Dec 2019 01:45
Last Modified: 27 Dec 2019 01:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9420

Actions (login required)

View Item
View Item