Pemanfaatan Media Lingkungan Sekolah Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas IV MIN Rukoh Banda Aceh.

Ayu Maisarah, 201223370 (2017) Pemanfaatan Media Lingkungan Sekolah Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas IV MIN Rukoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pemanfaatan Media Lingkungan Sekolah Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas IV MIN Rukoh Banda Aceh.)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan media lingkungan sekolah merupakan salah satu media pembelajaran yang menggunakan atau memanfaatkan media di lingkungan sekolah dalam proses belajar mengajar. Siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi Sumber Daya Alam. Dalam proses pembelajaran IPA, diketahui bahwa siswa kurang memahami dan mengerti materi dalam pembelajaran IPA karena keterbatasan guru dalam menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran dan belum memaksimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini menyebabkan kejenuhan pada siswa dan kurang memahami pembelajaran, sehingga berpengaruh pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam hal ini, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memanfaatkan media lingkungan sekolah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di kelas IV semester genap. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV-2 MIN Rukoh Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 65,21% berada pada katagori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 81,73% (katagori baik), sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60% berada pada katagori cukup, dan pada silkus II mengalami peningkatan sebesar 75,65% (katagori baik). Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 62,85% berada pada kategori cukup, dan pada siklus II mengalami peningkatan adalah 82,85% pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media lingkungan sekolah dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV MIN Rukoh Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar, M. Pd Pembimbing II : Daniah, S. Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan Sekolah, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ayu Maisarah Ayu
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:02
Last Modified: 06 Aug 2019 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9445

Actions (login required)

View Item View Item
TOP