Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mtss Darul Hikmah.

Nur Fajri Yanti, 261324603 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mtss Darul Hikmah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mtss Darul Hikmah.]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mtss Darul Hikmah.)
full skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis sangat perlu untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika, karena siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematikanya dan pemahamannya kepada orang lain. kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah masih tergolong rendah, untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran tipe CIRC. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung; (2) respon siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa MTsS Darul Hikmah. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah, Sampel diambil dari keseluruhan populasi yang diperoleh dengan teknik purposive sampling pada siswa kelas VIII. Teknik yang digunakan terdiri dari tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Diperoleh t_hitung = 5,31 dan t_tabel = 1,69 dengan demikian t_hitung>t_tabel, maka model pembelajaran kooperatif Tipe CIRC berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe CIRC lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Respon siswa terhadap pembelajaran melalui model pembelajaran CIRC adalah positif dengan skor rata-rata 2,81.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Burhanuddin AG, M.Pd. Pembimbing II : Cut Intan Salasiyah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe CIRC terhadap kemampuan komunikasi matematis.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Fajriyanti Nur
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:58
Last Modified: 03 Sep 2019 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9459

Actions (login required)

View Item
View Item