Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Studi Fiqh Pada Siswa Kelas VII MTsS Mardhatillah

Salamah, 140201175 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Studi Fiqh Pada Siswa Kelas VII MTsS Mardhatillah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Studi Fiqh Pada Siswa Kelas VII Mtss Mardhatillah]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Studi Fiqh Pada Siswa Kelas VII Mtss Mardhatillah)
FULL SKRIPSI SALAMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Setiap sekolah mengharapkan peserta didiknya aktif dalam belajar dan memperoleh hasil nilai yang tinggi. Namun di MTsS Mardhatillah mengajar fiqh dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tanpa menggunakan model pembelajaran yang variatif, peserta didik tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Oleh sebab itu, peneliti ingin mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran fiqh. Model kooperatif tipe jigsaw adalah model pembelajaran yang sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar, yang mana peserta didik dibagi dalam kelompok dan bersama mempelajari materi yang diberikan, saling memberi arahan, saling memberi pertanyaan dan jawaban setelah materi selesai disampaikan. Fokus penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar bidang studi fiqh pokok bahasan thaharah tentang wudhu’ pada siswa kelas VII MTsS Mardhatillah Simpang Kiri Kota Subulussalam? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTsS Mardhatillah yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data melalui instrumen observasi aktivitas guru dan siswa serta tes. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II, dan hasil yang diperoleh adalah aktivitas guru pada siklus I dan siklus II dikategorikan “baik” yaitu 94,1 pada siklus I dan 98,0 pada siklus II. Adapun aktifitas siswa pada siklus I 73,9 dengan kategori “cukup”, dan siklus II meningkat dengan kategori “baik” yaitu 84,9. Kemudian hasil tes pada siklus I dengan kategori “cukup” yaitu pre-tes I 62,2 dan post-tes I 68,6, kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori “baik” yaitu pre-tes II 80 dan post-tes II 95,4. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi wudhu’ di kelas VII-A MTsS Mardhatillah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Hasan Basri, MA. Pembimbing II :Wanty Khaira, S. Ag, M. Ed.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Studi Fiqh
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salamah Salamah
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:25
Last Modified: 06 Aug 2019 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9463

Actions (login required)

View Item
View Item