Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 8 Aceh Besar

Barizatul Islami, 140209149 (2019) Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 8 Aceh Besar. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Darussalam.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Barizatul Islami pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam proses pembelajaran.Model pembelajaran perlu dikembangkan untuk meningkatkan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah aktivitas guru pada pembelajaran tema“SehatItuPenting” dengan model Snowball Throwing di kelas V MIN 8 Aceh Besar ? (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa pada tema“Sehat Itu Penting” dengan menerapkan model Snowball Throwing di kelas V MIN 8 Aceh Besar ? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menerapakan model Snowball Throwing pada tema“Sehat Itu Penting” di kelas V MIN 8 Aceh Besar ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Snowball Throwing dikelas V MIN 8 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah kelas Vc MIN 8 Aceh Besar yang berjumlah 33 siswa, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (1) lembar observasi aktivitas guru dan siswa (2) soal post test, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 78,22%, dan meningkat pada siklus II yaitu dengan persentase 90,32%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 76,61% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 89,51%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 54, 55% meningkat menjadi 87, 88 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema sehat itu penting dikelas V MIN 8 Aceh Besar.

Item Type: Other
Additional Information: Pembimbing 1. Mawardi, M.Pd 2. Hafidh Maksum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran dan hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Barizatul Islami
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:42
Last Modified: 07 Aug 2019 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9466

Actions (login required)

View Item
View Item