Ideologi Pendidikan Qurani: Gagasan dan Tawaran

M Nasir Budiman, 201011 (2016) Ideologi Pendidikan Qurani: Gagasan dan Tawaran. Ideologi Pendidikan Qur’ani: Gagasan dan Tawaran, 1 . Bandar Publishing, Banda Aceh. ISBN 978-602-1632-72-7

[thumbnail of Layout ideologi pendidikan qurani (5).pdf]
Preview
Text
Layout ideologi pendidikan qurani (5).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (63MB) | Preview

Abstract

Ideologi Pendidikan Qur’ani menjadi penting
dikaji berdasarkan empat alasan, yaitu: pertama,
istilah “ideologi” digunakan dengan merujuk
pengertiannya yang luas yaitu konsep bersistem
yang dijadikan asas pendapat yang memberikan arah
dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Implikasi
penggunaan ideologi dalam pendidikan adalah
keharusan adanya konsep cita-cita dan nilai-nilai
yang secara eksplisit dirumuskan, dipercayai dan
diperjuangkan. Kedua, filsafat dan teori pendidikan
lebih kental dengan muatan akademisnya sedangkan
ideologi agak kurang tuntutan akademisnya, akan tetapi lebih diarah kepada aksi. Ketiga, di dalam
benturan peradaban sebagai dampak globalisasi,
terjadi pergumulan ideologi dunia.

Sementara ideologi Qur’ani sarat dengan nilai-
nilai universal dan transedental seharusnya dapat

ditawarkan sebagai paradigma ideologi alternatif.
Terlebih lagi, pendidikan sebagai wahana sangat
strategis dalam membangun peradaban alternatif
perlu diformulasikan dengan pendekatan ideologis
sehingga memiliki daya pengikat dan penggerak
untuk aksi. Keempat, di tengah-tengah munculnya
semangat al-Qur’an saat ini yang berorientasi pada
nila-nilai dasar al-Qur’an yang sejatinya sangat
humanis, sehingga semangat progresivisme dan
liberalisme tidak kehilangan landasannya.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Prof. Dr. M. Nasir Budiman
Date Deposited: 29 Sep 2017 11:10
Last Modified: 29 Sep 2017 11:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item
View Item