Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Pengembangan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh

Endah Ahsina, 140209010 (2019) Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Pengembangan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Dengan       Pengembangan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh.]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Dengan Pengembangan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh.)
oke.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan karena guru di kelas tersebut belum pernah menerapkan keterampilan membaca intensif dalam pembelajaran, oleh karena itu banyak siswa yang kesulitan dalam memahami isi bacaan sehingga diharapkan dengan penggunaan keterampilan membaca intensif dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan dengan pengembangan keterampilan membaca intensif siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh?, (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan dengan pengembangan keterampilan membaca intensif siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh?, (3) Bagaimanakah peningkatan kemampuan memahami isi bacaan dengan pengembangan keterampilan membaca intensif siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh? Tujuan keterampilan membaca intensif salah satunya adalah agar pembaca dapat memahami isi dengan baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA MIS Lamgugob Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas guru meningkat dari 65,26% pada siklus I menjadi 74,23% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 86,31% pada siklus III. Untuk aktivitas siswa meningkat dari 66,15% pada siklus I menjadi 72,30% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 83,07% pada siklus III. Dan hasil belajar siswa sebesar 57,5% pada sikuls I, meningkat menjadi 75% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 92,5%. Secara keseluruhan hasil penelitian yang berlangsung selama III siklus menunjukkan bahwa keterampilan membaca intensif dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Silvia Sandi Wisuda Lubis, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Intensif, Kemampuan Memahami Isi Bacaan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Endah Ahsina Endah
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:50
Last Modified: 07 Jan 2020 01:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9489

Actions (login required)

View Item
View Item