Penggunaan Pendekatan Lingkungan terhadap Aktifitas Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh

Riska Maulida, 201223478 (2017) Penggunaan Pendekatan Lingkungan terhadap Aktifitas Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UINAr-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (membahas tentang pendekatan lingkungan)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menggunakan pendekatan dalam proses pembelajaran sangat penting, hal ini akan dapat memotivasi siswa dalam menerima dan memahami materi. Dalam pembelajaran IPS guru tidak hanya memberikan sejumlah konsep yang bersifat hafalan, namun bagaimana cara mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan lingkungannya. Kenyataannya dalam proses pembelajaran guru tidak menerapkan seperti apa yang sudah disebutkan, tetapi dalam pelaksanaannya berpusat pada guru (Teacher Center) sehingga siswa tidak aktif dan bosan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan dalam pembelajaran IPS salah satunya dengan penerapan pendekatan Lingkungan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa terhadap penggunaan pendekatan Lingkungan pada pembelajaran IPS dikelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPS, serta ketuntasan hasil belajar siswa dengan penggunaan pendekatan Lingkungan terhadap pembelajaran IPS pada siswa kelas VMIS Lamgugob Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V/AMIS Lamgugob Banda Aceh yang berjumlah 34 siswa dengan KKM Individual 75% dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal pre-test danpost tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 73,52% dan meningkat pada siklus IIyaitu92,64% atau 19,12 %.Aktifitas siswa pada siklus I yaitu 68,18%dan meningkat pada siklus II yaitu86,36% atau 18,18%.Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70,58% dan meningkat pada siklus II yaitu 88,23% atau 17,65%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan Pendekatan Lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS pada kelas V/A MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag 2. Masbur, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Aktifitas Siswa, Pendekatan Lingkungan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms riska maulida
Date Deposited: 29 Sep 2017 08:49
Last Modified: 11 Oct 2017 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item
TOP