Penggunaan Media PhET Simulaition Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Padang Tiji

Akbar Ali, 140204142 (2019) Penggunaan Media PhET Simulaition Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Padang Tiji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan  Media  PhET  Simulation  Untuk  Meningkatkan  Keterampilan Proses Sains]
Preview
Text (Penggunaan Media PhET Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains)
AKBAR ALI OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran fisika khususnya materi Fluida Statis di SMA Negeri 1 Padang Tiji, ditemukan bahwa pembelajaran hanya memfokuskan pada aspek kognitif tentang Fluida Statis, tetapi belum memfokuskan bagaimana melatih keterampilan proses sains (KPS) peserta didik. Pembelajaran fisika sering disajikan dalam bentuk langsung dan masih bersifat satu arah dari pendidik ke peserta didik (teacher oriented). Hal ini adalah salah satu dari faktor mendasar yang menyebabkan peserta didik kurang dalam keterampilan proses sains. Salah satu solusi yang dapat melatih Keterampilan Proses Sains adalah Media PhET Simulation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Proses Sains menggunakan Media PhET Simulation dan respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, yang melibatkan kelas kontrol XII IPA2 yang berjumlah 20 siswa/i dan kelas eksperimen XII IPA1 yang berjumlah 24 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket . Data hasil tes dianalisis dengan mengguanakan rumus uji-t dan data dari hasil respon siswa menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa thitung  ttabel yaitu 4,24 > 1,68 untuk taraf signifikan 95% dan   0,05 Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan Keterampilan Proses Sains peserta didik dengan menggunakan Media PhET Simulation, hal itu dapat dilihat dari adanya peningkatan pada kelas Eksperimen dibandingkan dengan kelas Kontrol. Respon peserta didik terhadap pelajaran fisika dengan menggunakan Media PhET Simulation pada materi fluida statis menunjukkan hasil positif dan dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fitriyawany, M.Pd 2. Arusman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media PhET Simulation, Fluida Statis, Keterampilan Proses Sains (KPS)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Akbar Ali
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:28
Last Modified: 05 Sep 2019 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item
View Item