Peran Guru PAI Dalam Proses Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di SMPN 2 Setia Bakti Aceh Jaya Kelas VIII

Mega Agustina, 140201172 (2019) Peran Guru PAI Dalam Proses Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di SMPN 2 Setia Bakti Aceh Jaya Kelas VIII. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Guru PAI dalam Proses Pembelajaran Membaca  Al-Qur’an di SMPN 2  Setia Bakti Aceh Jaya Kelas VIII]
Preview
Text (Peran Guru PAI dalam Proses Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SMPN 2 Setia Bakti Aceh Jaya Kelas VIII)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah firman Allah yang berfungsi sebagai mukjizat (bukti kebenaran atas kenabian Muhammad) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad yang tertulis di dalam mushaf, diriwayatkan dengan jalan mutawatir, dan membacanya dipandang beribadah. Di SMPN 2 Setia Bakti Aceh Jaya masih ada kesalahan siswa dalam membaca Al-Qur’an yaitu belum sesuai dengan tajwid, makharijul huruf dan mad. Guru pendidikan agama Islam mempunyai peranan yang sangat penting, karena guru merupakan pendukung keberhasilan pendidikan anak, berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka yang menjadi masalah penelitian adalah bagaimana peran guru PAI dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMPN 2 Setia Bakti Aceh Jaya Kelas VIII. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan Penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket dan tes, adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan adalah peran dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an secara benar sesuai dengan tajwid, makharijul huruf dan mad, yaitu dengan cara menyuruh siswa membaca Al-Qur’an setiap hari 15 menit sebelum masuk jam pelajaran. Kemudian guru tersebut menggunakan waktu literasi seminggu sekali untuk mempelajari Al-Qur’an, selain itu guru juga menggunakan metode dan media dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an agar dapat mendorong dan memotivasi siswa supaya mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Setiap semester guru mengadakan acara ekstra kurikuler yang di dalamnya diadakan lomba hifzil Qur’an (15 surat juz amma) dan tilawah Al-Qur’an. Peran guru PAI di SMPN 2 Setia Bakti sudah sangat berperan dan berusaha dalam membimbing, membina, dan melatih siswa dan siswi dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Fuad Mardhatillah, MA Pembimbing II : Abdul Haris Hasmar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Al-Qur’an
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mega Agustina Mega
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:14
Last Modified: 20 Aug 2019 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9545

Actions (login required)

View Item
View Item