Strategi Pengelolaan Ma’had Al-Jamia’ah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Darussalam

Agus Arialdi, 140206112 (2019) Strategi Pengelolaan Ma’had Al-Jamia’ah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Strategi Pengelolaan Ma’had Al-Jamia’ah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Mahasiswa)
AGUS ARIALDI OKE2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi pengelolaan ma’had sangat diperlukan karena untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari program yang diterapkan oleh ma’had sehingga karakter mahasiswa meningkat dengan dibuktikan mahasiswa yang lulus asrama meningkat setiap gelombang dan angkatan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sistem pengelolaan ma’had dalam meningkatkan pendidikan karakter mahasiswa di UIN Ar Raniry, 2) Untuk mengetahui program ma’had dalam meningkatkan pendidikan karakter mahasiswa di UIN Ar-Raniry, dan 3) Untuk mengetahui kendala pegelolaan ma’had dalam meningkatkan pendidikan karakter mahasiswa di UIN Ar Raniry. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dianalisa dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala ma’had Al-Jamiah UIN Ar-Raniry, 1 orang pembina asrama Rusunawa dan 2 orang mahasiswa pada Rusunawa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tehnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Sistem pengelolaan ma’had al-jamia’ah dalam meningkatkan pendidikan karakter mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, memiliki dua sistem pendekatan yaitu sistem tradisional dan sistem ma’had. 2) Program ma’had dalam meningkatkan karakter mahasiswa di UIN Ar-Raniry yaitu program Pendidikan Karakter, Tahsinul Qur’an, Mentoring, Muhadatsah, dan Conversation, dan 3) Kendala pengelolaan ma’had dalam meningkatkan pendidikan karakter mahasiswa di UIN Ar-Raniry, meliputi : pertama, waktu tinggal di asrama singkat. Kedua, fasilitas yang kurang mendukung. Ketiga, masih kurangnya kesadaran mahasiswa dalam mematuhi peraturan asrama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sri Rahmi, M.A 2. Ainul Mardhiah, M.A.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan Ma’had, Pendidikan Karakter Mahasiswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Agus Arialdi
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:50
Last Modified: 22 Aug 2019 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9554

Actions (login required)

View Item View Item
TOP