Implementasi Sistem Network Marketing Pada Pemasaran Produk Amway Dalam Perspektif Akad Jual Beli Mu’athah

Intan Makhfirah, 140102014 (2019) Implementasi Sistem Network Marketing Pada Pemasaran Produk Amway Dalam Perspektif Akad Jual Beli Mu’athah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Sistem Network Marketing Pada Pemasaran Produk   Amway Dalam Perspektif Akad Jual Beli Mu’athah]
Preview
Text (Implementasi Sistem Network Marketing Pada Pemasaran Produk Amway Dalam Perspektif Akad Jual Beli Mu’athah)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sistem network marketing merupakan suatu cara dalam pemasaran yang dipraktikkan oleh perusahaan Amway dengan sistem keanggotaan untuk memasarkan produk-produknya. Sistem ebuah sistem pemasaran modern melalui jaringan distribusi yang dibangun secara permanen dengan memposisikan pelanggan perusahaan sekaligus sebagai tenaga pemasaran. Amway melakukan pemasaran produknya melalui member-membernya. Selanjutnya para member yang lebih dulu bergabung dalam Amway merekrut member-member baru lagi unuk dijadikan sebagai tenaga pemasaran produk Amway. Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana sistem network yang digunakan dalam pemasaran produk Amway? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penggunaan sistem network dalam pemasaran produk Amway? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem network yang digunakan dalam pemasaran produk Amway dalam perspektif akad jual beli mu’athah dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap penggunaan sistem network dalam pemasaran produk Amway. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan observasi. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem network marketing Amway dalam pemasaran produk Amway adalah dengan menggunakan akad ba’i mu’athah, para member telah mengetahui harga produk dan barang yang akan dibeli secara rinci dan mereka melakukan jual beli ini atas dasar saling ridha. Transaksi pemasaran pada produk Amway telah memenuhi rukun dan syarat jual beli, maka transaksi tersebut dapat dikatakan sah secara hukum syara’. Bonus yang diberikan berdasarkan kerja nyata, transparansi yang jelas, sistem yang tidak mendukung terjadinya ighra’, tidak adanya eksploitasi dalam pelaksanaan prosedur pembagian bonus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA Pembimbing 2 : Syarifah Rahmatillah, S.HI., MH
Uncontrolled Keywords: Mu’athah, Sistem Network Marketing dan Amway
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Makhfirah Intan
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:58
Last Modified: 23 Aug 2019 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9560

Actions (login required)

View Item
View Item