Penerapan Model Talking Stick Dan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar

Rosnawati, 140209040 (2019) Penerapan Model Talking Stick Dan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Talking Stick Dan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Talking Stick Dan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar)
full skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Talking Stick dan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar” Adapun yang melatar belakangi munculnya judul ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan tidaklah berpusat kepada siswa akan tetapi lebih berpusat kepada gurunya saja. Tentu ini akan berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Jika pemilihan model dan media pembelajaran tepat digunakan dalam proses pembelajaran maka hasil belajar yang diperoleh oleh siswa akan semakin baik. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru serta siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan media visual. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa melalui penerapan model pembelajaran tipe Talking Stick dan Media Visual pada Kelas V MIN 26 Aceh Besar dan bagaimanakah hasil belajar siswa pada Kelas V MIN 26 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi untuk guru dan untuk siswa, serta post-test (tes akhir). Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor persentase. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 75% (baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,66% (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 74% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 91,04% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I hanya 12 siswa yang tuntas dengan persentase 66,66%, dan tidak tuntas 6 siswa dengan persentase 33,33%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 16 siswa mencapai ketuntasan dengan persentase 88,88%, dan 2 siswa tidak tuntas dengan persentase 11,11%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Talking Stick dan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Tasnim Idris M.Ag Pembimbing II : Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Talking Stick dan Media Visual
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosnawati Wati
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:02
Last Modified: 22 Aug 2019 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9574

Actions (login required)

View Item
View Item