Strategi Komunikasi Relawan Palang Merah Indonesia Kabupaten Nagan Raya Terhadap Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Mendonor Darah

Lilis Farinda, 140401090 (2019) Strategi Komunikasi Relawan Palang Merah Indonesia Kabupaten Nagan Raya Terhadap Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Mendonor Darah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Strategi Komunikasi Relawan Palang Merah Indonesia Kabupaten Nagan Raya Terhadap Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Mendonor Darah)
oke.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Relawan Palang Merah Indonesia Kabupaten Nagan Raya Terhadap Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Mendonor Darah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan relawan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Nagan Raya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan donor darah, serta mengetahui bagaimana strategi komunikasi dan peran relawan PMI Kabupaten Nagan Raya dalam upaya mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif dan metode deskriptif, dengan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada sejumlah sampel yang terdiri dari Ketua PMI Kabupaten Nagan Raya, Sekertaris PMI Kabupaten Nagan Raya, dan Ketua Bagian Pelayanan Sosial & Kesehatan, serta menggunakan landasan teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan cara merumuskan berbagai pertanyaan yang sesuai dengan penelitian, dan dari hasil pertanyaan tersebut penulis akan mengutip jawaban, kemudian menarik kesimpulan dari segala pembahasan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keaktifan relawan PMI Kabupaten Nagan Raya terhadap upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendonor darah belum sepenuhnya menerapkan dari teori AIDDA, maka dari itu masih banyak pasien yang kekurangan darah segera untuk proses penyembuhan, salah satunya karena tidak adanya sosialisasi langsung kepada masyarakat mengenai manfaat dan pentingnya mendonor darah, kemudian strategi komunikasi yang dilakukan yaitu hanya dengan sosialisasi kepada pendonor yang ingin mendonorkan darahnya pada saat kegiatan namun takut untuk melakukannya, dan untuk memenuhi kebutuhan darah yang ada, PMI Kabupaten Nagan Raya melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan-perusahaan dan dinas-dinas pemerintahan seperti PT PLN, PT Sofindo, PT Alfa Cropi, Polres, Kejaksaan Negeri dan RSUD SIM (Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Yusri, M.Lis 2. Fairus, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Relawan Palang Merah Indonesia (PMI), Donor Darah.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lilis Farinda Lilis
Date Deposited: 03 Sep 2019 03:14
Last Modified: 03 Sep 2019 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9590

Actions (login required)

View Item View Item
TOP