Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 1 Baitussalam

Indi Riana, 150208001 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 1 Baitussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 1 Baitussalam)
oke.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Baitussalam tentang pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dilatarbelakangi oleh kurangnya kegiatan eksperimen yang diterapkan sehingga keterampilan proses sains siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tes keterampilan proses sains, aktivitas keterampilan proses sains dan respon siswa setelah menerapkan model project based learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 1 Baitussalam yang berjumlah 24 siswa. Hasil tes keterampilan proses sains dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain dan uji paired sample t test. Hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, serta diperoleh t_hitung>t_(tabel )yaitu 4,687 >1,714, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 1 Baitussalam dan hasil analisis uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata 0,76 yakni berkategori tinggi. Data aktivitas keterampilan proses sains siswa selama 2 kali pertemuan mengalami peningkatan dari 61,05% menjadi 78,58%. Hasil persentase respon siswa yaitu 53,34% setuju dan 44,99% sangat setuju terhadap penerapan model project based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar Amsal, M.Pd Pembimbing II : Safrijal, M.
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Indi Riana Riana
Date Deposited: 28 Aug 2019 01:47
Last Modified: 28 Aug 2019 01:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9624

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP