Efektivitas Pekan Keterampilan Dan Seni (PENTAS) PAI Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik Bidang Keagamaan Di SMP Se-Aceh Besar

Lusianti, 140201178 (2019) Efektivitas Pekan Keterampilan Dan Seni (PENTAS) PAI Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik Bidang Keagamaan Di SMP Se-Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Pekan Keterampilan Dan Seni (PENTAS) PAI Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik Bidang Keagamaan Di SMP Se-Aceh Besar]
Preview
Text (Efektivitas Pekan Keterampilan Dan Seni (PENTAS) PAI Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik Bidang Keagamaan Di SMP Se-Aceh Besar)
LUSIANTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) merupakan sarana kompetisi peserta didik dalam berbagai jenis keterampilan agama yang bernuansa seni atau kesenian bertujuan untuk mengembangkan bakat, minat dan potensi seni peserta didik. PENTAS PAI merupakan program tahunan yang dilaksanakan mulai dari tingkat sekolah, rayon, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas PENTAS PAI dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik bidang keagamaan dan mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat PENTAS PAI dalam pengembangan bakat dan minat peserta didik di SMP se-Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif, karena dalam penelitian ini hanya menggambarkan realita apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan dalam kehidupan manusia, yang diangkat untuk diteliti bentuk pelaksanaan yang terjadi. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket dan studi dokumentasi. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan PENTAS PAI efektif (63,3%) dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik bidang keagamaan. Faktor pendukung PENTAS PAI dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik bidang keagamaan terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah adanya motivasi peserta didik yang sangat kuat untuk mengikuti PENTAS PAI. Sedangkan faktor eksternal adalah adanya dukungan dari kepala sekolah dan para guru. Adapun faktor penghambatnya adalah waktu pemberitahuan pelaksanaan PENTAS PAI kepada sekolah bersangkutan yang singkat, sehingga dalam melaksanakan persiapan kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jailani, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Mashuri, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: PENTAS PAI, Efektivitas, Bakat dan Minat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.5 Seni kreatif dan pekerjaan tanggan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lusianti Lusi
Date Deposited: 29 Aug 2019 02:27
Last Modified: 29 Aug 2019 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9638

Actions (login required)

View Item
View Item