Melacak Kerajaan Darul Kamal (Studi Arkeologi)

Ananda Isnain, 511202751 (2016) Melacak Kerajaan Darul Kamal (Studi Arkeologi). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Kebudayaan)
Ananda Isnaini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Melacak Kerajaan Darul Kamal (Study Arkeologi)”. Keberadaan Kerajaan Darul Kamal bukanlah sebuah mitos atau legenda belaka, keberadaanya telah dibukti dengan adanya peninggalan bukti arkeologis yang tersebar di daerah kecamatan Darul Imarah dan Darul Kamal. Penemuan sebaran nisan dengan bentuk dan ornamen yang bervariasi menjadi daya tarik untuk dilakukan penelitian. Daerah Kecamatan Darul Imarah dan Darul Kamal merupakan sebuah daerah yang di masa dahulu merupakan pusat dari Kerajaan Darul Kamal tersebut. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan objek arkeologi dan mengaitkan dengan sejarah Kerajaan Darul Kamal yang berada di Kecamatan Darul Imarah dan Darul Kamal. Metode yang digunakan adalah metode penelitian arkeologi yang bersifat deskriptif- analisis. Cara-cara pengumpulan data meliputi penjajagan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data tersebut dikumpulkan kemudian dianalisis dengan beberapa cara yaitu: analisis morfologi, stilistik, teknologi, dan kontekstual. Dari hasil observasi diketahui bekas peninggalan Kerajaan Darul Kamal yang masih meninggalakan jejak yaitu berada di empat gampong dengan lima titik sebaran nisan, yaitu di Gampong Lamblang Trieng, Leu Ue, Ulee Lueng, dan Gampong biluy. Dari 95 total makam yang ditemui, batu nisan tersebut terbagi dalam 11 (sebelas) tipe yaitu dari tipe A, B, C, D, E, G, H, K, O. Ini merupkan jenis tipe yang telah dikemukakan oleh Othaman, terdapat jenis R (plankplenk) yang terdapat dalam buku Husaini Ibrahim, yang terakhir jenis S, jenis ini belum pernah di publikasikan oleh Ambary, Othman, dan Husaini Ibrahim. Berdasarkan hasil penelitian maka nisan yang tersebar di kompleks-kompleks makam tersebut memiliki angka tahun dari sebelum abab XIII-XVIII M. Berdasarkan bentuk nisan tersebut juga diketahui adanya perbedaaan stratifikasi yang berlaku dalam masyarakat. Golongan masyarakat tersebut terbagi dalam beberapa katagori yaitu golongan ulama, raja, putri raja, dan balita dari pihak kerajaan. Dari temuan arkeologis yang tersebar di daerah Kecamatan Darul Imarah dan Darul Kamal, membuktikan bahwa di daerah tersebut terdapat sebuah kerajaan yaitu Kerajaan Darul Kamal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Nasruddin AS., M.Hum 2.Marduati M.A
Uncontrolled Keywords: Melacak, Arkelogi, Kerajaan Darul Kamal.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 390 Customs, Etiquette, Folklore (Adat Istiadat, Etiket, Folklor)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 29 Sep 2017 07:53
Last Modified: 29 Sep 2017 07:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item
TOP