Analisis Kebijakan Uang Deposit dan Pengaruhnya terhadap Peminjaman Koleksi di Perpustakaan International Center For Aceh Ocean Studies (ICAIOS) dan Pusat Pelatihan Ilmu Sosial dan Budaya (PPISB) Unsyiah Banda Aceh.

Desti Andriani, 531202913 (2016) Analisis Kebijakan Uang Deposit dan Pengaruhnya terhadap Peminjaman Koleksi di Perpustakaan International Center For Aceh Ocean Studies (ICAIOS) dan Pusat Pelatihan Ilmu Sosial dan Budaya (PPISB) Unsyiah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Uang Deposi dan Peminjam Koleksi Perpustakaan)
Desti Andriani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (884kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul, “Analisis Kebijakan Uang Deposit dan Pengaruhnya Terhadap Peminjaman Koleksi di Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah Banda Aceh”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengapa kebijakan penyerahan uang deposit diberlakukan pada layanan sirkulasi di perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah Banda Aceh dan bagaimana kebijakan uang deposit berpengaruh terhadap peminjaman koleksi di perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara berstruktur. Subjek dalam penelitian ini adalah mengenai kebijakan uang deposit yang diberlakukan pada perpustakaan ICAIOS- PPISB Banda Aceh. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah para informan yang berkunjung di perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah Banda Aceh dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan kebijakan penyerahan uang deposit yang diberlakukan pada layanan sirkulasi sebagai salah satu cara untuk membuat pemustaka menjadi lebih disiplin dalam meminjam dan mengembalikan koleksi perpustakaan. Namun, kebijakan uang deposit yang diberlakukan di perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah Banda Aceh menyebabkan jumlah pengunjung perpustakaan dan tingkat peminjaman cenderung menurun. Selain itu kebijakan uang deposit yang sudah diterapkan belum mempengaruhi kedisiplinan pengguna dalam mengembalikan buku. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih adanya pemustaka yang terlambat dalam pengembalian koleksi perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Perpustakaan: 1.Nurhayati Ali Hasan, M.LIS 2.Drs. Saifuddin A. Rasyid, M.LIS
Uncontrolled Keywords: Peminjaman Koleksi, Uang Deposit, Koleksi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:58
Last Modified: 02 Oct 2017 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item
TOP