Ikhsan Maulana, 140603017 (2019) Analisis Penerapan Prinsip Periklanan Pada Bank Syariah Mandiri(Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Darussalam). Skripsi thesis, Uin Arraniry Banda Aceh.
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Di Indonesia perkembangan perbankan syariah semakin meningkat, hal ini meyebabkan persaingan pasar yang sangat tajam. Terjadinya persaingan antar bank membutuhkan kaharusan Bank Syariah Mandiri untuk berinovasi dalam hal promosi seperti membuat periklanan yang menarik minat masyarakat sehingga menyebabkan bank tersebut tetap eksis dan bisa bertahan di era globalisasi seperti sekarang ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan prinsip periklanan syariah serta pandangan Islam terhadap konsep periklanan yang diterapkan pada Bank Syariah Mandiri di Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan melalui wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah Mandiri belum sepenuhnya megeluarkan iklan yang sesuai dengan ketentuan syariah, bukti tersebut dapat kita lihat dari beberapa brosur yang telah dikeluarkan, sehingga menimbulkan persepsi bahwasanya Bank Syariah Mandiri masih belum sepenuhnya syariah dilihat dari segi periklanan.