Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Faslina Wati, 140209026 (2019) Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar)
All In One.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran adalah alat untuk menciptakan proses belajar mengajar. Dengan adanya guru menggunakan model dalam pembelajaran maka suatu pelajaran akan menyenangkan. Oleh karena itu perlu dilakukan proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik lebih serius dalam proses belajar mengajar, dengan menggunakan penerapan model TGT berbasis media kartu huruf cenderung membuat aktif karena setiap anggota kelompok mendapatkan ide yang berbeda, tujuannya saling berkomunikasi dengan anggota kelompoknya supaya pada saat guru memanggil dari salah satu anggota kelompoknya maka setiap kelompok dari mereka bisa menjelaskan kembali materi yang sudah mereka bahas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas guru melalui penerapan model TGT berbasis media kartu huruf pada pembelajaran IPA serta untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penerapan model TGT berbasis media kartu huruf pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjumlah 38 Peserta didik, yang berlangsung dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus persentase. Penelitian menunjukan bahwa peserta didik pada siklus I, yaitu 75% meningkat pada siklus II, yaitu 83,65%, (2) aktivitas guru pada siklus I, yaitu 75% meningkat pada siklus II, yaitu 84,37% dan (3) hasil belajar peserta didik pada siklus I, yaitu 39,47% meningkat pada siklus II, yaitu 81,57%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT berbasis media kartu huruf dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan guru serta hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Ridhwan M. Daud, M.Ed Pembimbing II : Wati Oviana, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Teams Games Tournament (TGT), Media Kartu Huruf, Hasil Belajar Peserta didik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faslina Wati Wati
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:26
Last Modified: 04 Sep 2019 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9722

Actions (login required)

View Item
View Item