Efektivitas Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sistem Komputer Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri Al Mubarkeya Aceh Besar

Muhajir, 140212091 (2019) Efektivitas Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sistem Komputer Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri Al Mubarkeya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sistem Komputer Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri Al Mubarkeya Aceh Besar]
Preview
Text (Efektivitas Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sistem Komputer Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri Al Mubarkeya Aceh Besar)
Skripsi Gabungan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (40MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Edmodoterhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer jurusanteknik komputer jaringan di SMK Negeri Al- Mubarkeya. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif dengan teknik eksperimen, desain yang digunakan pada penelitian iniadalah dengan desain Pretest-Postest Kelompok Tunggal, pada kelas eksperimen menerapkanmedia pembelajaran Edmodo ,dan kelas Kontrol tidak menerapkan media pembelajaranEdmodo, penelitian ini melakukan Pretest sebelum menggunakan media pembelajarandan Posttest setelah menerapkan media pembelajaranEdmodo,menyatakan bahwa nilairata-rata pre-test kelompok eksperimen yaitu 40,74 dan post-test sebanyak 80,31.Sedangkan hasil pre-test kelompok kontrol adalah 53,98 dan nilai post-test 67,65. Makahasil belajar siswa (i) atau post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkanhasil post-test kelas kontrol. Adapun menurut perhitungan uji-t, juga menghasilkan nilaipost-test rata-rata kelas kontrol yaitu 80,53 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimenadalah 67,68. Hal ini menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebihtinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil ini juga dibuktikan oleh hasil signifikasi darihasil tes indenpendent sample test yaitu 0,044. Hasil signifikasi tersebut menunjukkanbahwa 0.044< 0,05 atau tHitung < tTabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkanbahwa penerapan media pembelajaran Edmodo lebih efektif karena terdapat peningkatanminat dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Hazrullah, S.Pd.I, M.Pd. Pembimbing II : Rahmad Musfikar, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Edmodo, Hasil dan Minat Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhajir Muhajir
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:22
Last Modified: 04 Sep 2019 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9723

Actions (login required)

View Item
View Item