Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Menggunakan Hands On Activity di SMP Negeri 11 Lhokseumawe

Cut Mourizka Muli, 140205125 (2019) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Menggunakan Hands On Activity di SMP Negeri 11 Lhokseumawe. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of full cut.pdf]
Preview
Text
full cut.pdf

Download (51MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ternyata masih rendah, sehingga dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, salah satunya melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan Hands On Activity. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan Hands On Activity di SMP Negeri 11 Lhokseumawe. (2) untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan Hands On Activity dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Lhokseumawe. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini sampel terdiri dari dua kelas VIII3 eksperimen dan VIII4 kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan Hands On Activity di SMP Negeri 11 Lhokseumawe. (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan Hands On Activity lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembimbing 1 : Dr.M.Duskri, M.Kes Pembimbing 2 : Suhartati, S.Pd.,M.Pd
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 519 Probabilitas dan Matematika terapan > 519.2 Probabilitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Mourizka Muli
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:31
Last Modified: 04 Sep 2019 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9725

Actions (login required)

View Item
View Item