Efektivitas Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Santri Di TPA Muhadz-Dzabul Akhlaq Lung Ie

Kaussari, 140201099 (2019) Efektivitas Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Santri Di TPA Muhadz-Dzabul Akhlaq Lung Ie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Santri Di TPA Muhadz-Dzabul Akhlaq Lung Ie]
Preview
Text (Efektivitas Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Santri Di TPA Muhadz-Dzabul Akhlaq Lung Ie)
Skripsi Fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran. Dengan menggunakan metode pembelajaran, proses belajar mengajar nampak menyenangkan dan membuat siswa tersebut dapat menangkap ilmu dari pendidik dengan mudah. Metode pembelajaran adalah cara atau jalan yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Salah satu metode yang sangat sering digunakan dalam belajar adalah metode hafalan. Pada Taman Pendidikan Qur’an (TPA) Muhadz-dzabul Akhlaq Lung ie, penerapan metode hafalan menjadi salah satu metode mengajar yang digunakan dalam menghafal materi hafalan seperti hafalan surat pendek (An-Nashr) dan hafalan do’a sehari-hari. Namun dalam pelaksanaannyamasih terdapat Ustadzah yang belum menerapkan metode hafalan yang efektif. Sehingga terdapat santri yang belum dapat menghafal baik itu hafalan surat pendek maupun do’a sehari-hari pada saat diuji. Hal ini membuat salah satu indikator prestasi belajar santri tidak tercapai. Untuk itu peneliti menarik untuk melakukan penelitiandengan judul “Efektifitas Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Santri di Tpa Muhadz-Dzabul Akhlaq Lung Ie”. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana kompetensi profesionalisme ustadzah di TPA Muhadz-dzabul Akhlaq?, Bagaimana pengaruh penerapan metode hafalan di TPA muhadz-dzabul akhlaq?, Bagaimana problematika dan usaha solutif dalam penerapan metode hafalan di TPA Muhadz-dzabul Akhlaq?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, santri dan metode hafalan muraja’ah (pengulangan) menghasilkan prestasi hafalan santri dalam menghafal surat An-Nashr dengan nilai rata-rata 87 dan dikategorikan sudah baik. Pada siklus II pada materi menghafal do’a sehari-hari, santri dengan metode menghafal tasmi’(menyimak antar teman) dan muraja’ah menunjukkan prestasi hafalan yang meningkat ditandai dengan nilai rata-rata santri 92 dari nilai yang ditetapkan. Dalam hal ini dikategorikan sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode hafalan berupa metode muraja’ah dan tasmi’ dapat membuat pembelajaran dengan metode tersebut berjalan efektif dan membuat prestasi hafalan santri tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah Isri.,MA Pembimbing II: Syafruddin S. Ag., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Hafalan, Prestasi Belajar, santri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kaussari Sari
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:29
Last Modified: 04 Sep 2019 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9726

Actions (login required)

View Item
View Item